Copywriting adalah teknik
menulis yang bersifat persuasif atau mengajak para pembaca
untuk melakukan sesuatu seperti membeli produk kita. Jika telah melakukan copywriting, maka
kamu sudah dianggap sebagai copywriter. Yang menjadi masalah adalah, apakah
kamu telah memiliki pengalaman sebagai copywriter?. Biasanya, seorang yang baru
saja menulis copywriting belum mempunyai skill atau teknik yang tepat untuk
melakukannya. Copywriting biasanya diterapkan di beberapa
platform sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lain lain.
Tetapi, copywriting atau menulis iklan juga bisa
diterapkan di platform berbasis website seperti blog.
Menulis iklan di website
harus disertai dengan teknik yang benar. Bahkan jika disertai dengan SEO akan
membuat kualitas konten tersebut semakin bagus dan para pengunjung akan
berdatangan dari mesin pencari. Menulis konten copywriting tidak hanya sekedar
menulis asal asalan saja. Harus melakukan riset terlebih dahulu konten apa yang
akan disampaikan kepada para pembaca. Konten juga harus ditulis dengan sifat
yang mengajak para pembaca untuk melakukan sesuatu.
Contohnya, kamu
mempunyai usaha jasa pembuatan website. Kamu harus menjelaskan apa saja fitur
fitur yang akan didapatkan, kelebihan, desain seperti apa yang dibuat. Dalam
artikel ini, akan dijelaskan bagaimana cara atau teknik untuk membuat copywriting
penawaran website. Sebelum menulis, kamu harus melakukan riset terlebih
dahulu mengenai harga yang akan dicantumkan. Pastikan harga tersebut dapat
bersaing dengan para pesaing lainnya. Harga yang tepat akan menentukan dari
tingkat penjualan yang telah kamu buat.
Baca juga >> Jasa pembuatan website
1. Fitur Apa Saja Yang di Dapatkan
Dalam melakukan
penawaran website, biasanya menyebutkan fitur fitur apa saja yang akan
didapatkan. Misalnya paket A berisi SSL, domain .com, hosting, dan lain lain.
Pastikan fitur yang didapat sebanding dengan harga yang ditawarkan. Jangan
sampai harga sangat mahal namun fitur yang didapat tidak seberapa, begitu juga
sebaliknya.
2. Sertakan Estimasi Waktu & Bahasa Pemograman
Setelah menjelaskan
fitur, jangan lupa sertakan berapa estimasi waktu website yang akan dibuat.
Pembaca yang ingin membeli jasa kamu lebih menyukai estimasi waktu yang lebih
cepat. Setelah itu, biasanya penawaran website mencantumkan bahasa pemograman
apa saja yang akan di implementasikan terhadap website tersebut. Yang pasti
bahasa pemograman tersebut tergantung dari website apa yang akan dibuat dan
pesanan konsumen.
3. Tuliskan Keunggulan Dari Penawaran Kamu
Kelebihan atau
keunggulan harus disampaikan mengapa para pembaca harus menggunakan jasa kamu
untuk membuat website. Apakah harganya yang lebih murah daripada yang lain?
atau pembuatannya relatif cepat? atau desain yang dibuat sangat bagus?. Hal itu
harus disampaikan dan harus masuk akal. Menulis keunggulan akan membuat para
pembaca lebih percaya dan memiliki kemauan yang lebih tinggi untuk menggunakan
jasa kamu. Selain itu, keunggulan juga salah satu faktor yang menentukan dalam
teknik copywriting untuk membuat produk atau jasa kamu lebih
menarik.
4. Harga Dan Garansi
Yang terakhir adalah
sertakan harga dan garansi. Jangan menentukan harga asal asalan. Kamu harus
memikirkan matang matang berapa harga yang akan dicantumkan. Kamu harus
memikirkan berapa biaya yang dikeluarkan untuk hosting, domain, lalu desain
website, waktu pengerjaan, dan faktor lainnya. Fikirkan juga laba yang akan
kamu dapatkan. Jangan sampai kamu mengalami kerugian karena tidak memikirkan
harga yang akan kamu cantumkan. Lalu sertakan juga garansi dari kamu. Jika
website terjadi hal hal yang tidak diinginkan seperti bug, atau di deface orang
yang tidak bertanggung jawab maka harus ada garansi. Garansi itu seperti
memperbaiki website tersebut hingga berjalan normal kembali.
Itulah beberapa teknik
atau tips untuk menulis iklan mengenai penawaran website. Semoga bermanfaat.
Order Jasa seo ? KLIK > jasa seo bandung